Kalau Jokowi Jadi Pak Guru

jokowi

Sebelum mengejakan tugas final PLPG, saya iseng buka berita tentang Jokowi

(sumber merdeka.com 28 Okt’13). Salah satu kutipannya sebagai berikut,

14 Anggota Komisi VII DPR melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dalam dialog dengan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo (Jokowi), para anggota Komisi VII melempar berbagai pertanyaan, salah satunya adalah mengenai penataan sejumlah waduk di Jakarta.

Menurut mereka, Jokowi mengabaikan fungsi keamanan penggunaan air waduk untuk konsumsi. Pasalnya air waduk di Jakarta sudah terkontaminasi berbagai macam limbah.

“Ini jelas beda dengan bayangan saya. Berapa kapasitas waste water treatment? Apakah sesuai dengan limbah yang ada,” tanya Alimin Abdullah dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) di Balai Kota Jakarta, Senin (28/10).

Menurut mereka, sistem reklamasi pulau yang terjadi di Pantai Indah Kapuk (PIK) malah berubah fungsi dari lahan untuk penghijauan menjadi kawasan elite yang tidak bisa disentuh oleh masyarakat menengah ke bawah.

“Nyatanya Pantai Indah Kapuk (daerah yang telah melakukan reklamasi) jadi komunitas high end, high sociality. Bagaimana pembangunan kita tunduk dalam tanda kutip terhadap kepentingan kapitalis? Padahal Pemprov harus mengedepankan kepentingan bangsa dan negara,” ujarnya.

Menanggapi kritikan tersebut, Jokowi hanya menjawab singkat. “Sumber air baku DKI itu kedalamannya enam sampai tujuh meter sudah normal bersihnya. Kalau ambil air baku di Jati luhur mahal. Kalau negara lain bisa membuat danau dan mengolahnya jadi air baku, kenapa kita tidak bisa?” ujarnya santai.

“Reklamasi pulau adalah bagian dari proyek Giant Sea Wall utnuk mengatasi banjir yang terus terjadi dan menggerus pantai-pantai yang ada di Jakarta. Nanti kalau nggak dibangun air laut bisa sampai Monas,” jelasnya.

Ya, ini lihat anggota dewan, sepertinya seperti murid yang tong kosong nyaring bunyinya. Menanggapi berita seperti ini, senang rasanya punya pemimpin seperti ini, sambil tidur saya membayangkan Jokowi jadi guru, gurunya kelas Negara Kesatuan RI alias Presiden RI, SEMOGA, Amin

Artiket terkait :

Categories: Curhat | Tags: , , | 7 Comments

Post navigation

7 thoughts on “Kalau Jokowi Jadi Pak Guru

  1. AminšŸ™‚ Kami wong Solo ikut Bangga jikalau itu terjadi Pak.

  2. Jokowi jadi President?
    Sy gk pernah mimpi tuuh.
    Hasil bro bukan Berita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Create a free website or blog at WordPress.com.

%d bloggers like this: